Resolusiweb, Jasa Website, Cara Mempercepat Website Menggunakan Content Delivery Network (CDN)

Cara Mempercepat Website Menggunakan Content Delivery Network (CDN)

Salah satu cara mempercepat loading sebuah website adalah dengan menggunakan Content Delivery Network atau biasa disebut CDN. CDN berfungsi untuk memastikan pengiriman konten statis (gambar, CSS, JavaScript, video, dan lain-lain) dari lokasi server terdekat ke pengguna yang mengakses website sehignga hal tersebut dapat meningkatkan kecepatan respon website ketika diakses

Content Delivery Network ditujukan bagi sebuah website berskala besar dengan banyak konten. Meskipun demikian, sebenarnya semua website juga dapat menggunakan CDN untuk meningkatkan performa.

CloudFlare menawarkan layanan CDN secara gratis. Hal ini menarik, mengingat sebagian besar layanan CDN lain menawarkan paket berbayar. Fitur yang disediakan layanan ini meliputi DDoS Protection, SSL Certificate, hingga Web Application Firewall.

Pada tutorial berikut ini Anda akan mengetahui apa itu CDN dan bagaimana cara mengaplikasikannya pada sebuah website.

Apa Itu Content Delivery Network?

Content Delivery Network dapat digambarkan sebagai kumpulan dari server global yang terletak di beberapa data center dan tersebar di berbagai negara. Jaringan ini berfungsi untuk mengirimkan konten dari server ke suatu website.

Yang dilakukan oleh CDN adalah meningkatkan kecepatan pengiriman data melalui jaringan server kepada visitor dari lokasi terdekat yang paling memungkinkan. Mungkin Anda berpikir jika Anda menggunakan hosting yang powerful, seperti VPS atau dedicated server, menggunakan CDN tidak memiliki efek yang cukup berarti.

Padahal, tidak peduli seberapa besar resource server yang Anda miliki, lokasi dari sebuah server adalah salah satu faktor krusial untuk meningkatkan kecepatan sebuah website.

Katakanlah lokasi visitor berada di India, sedangkan server dari website Anda berada di US. Karena jarak antara lokasi visitor dan server, pengiriman konten memerlukan proses waktu yang lama. Tapi, dengan adanya server CDN berada di beberapa tempat (misalnya India, US, dan Singapura) proses pengiriman konten dapat lebih cepat.

Jika visitor Anda berasal dari India, CDN akan mengirimkan file dari lokasi terdekat yang paling memungkinkan. Dalam kasus ini, file bisa jadi dikirimkan dari server yang juga terletak India.

Apakah Semua Jenis Hosting Mendukung Content Delivery Network?

Tidak peduli Anda layanan hosting apa yang Anda gunakan, baik itu hosting gratis, shared hosting maupun Virtual Private Server, CDN akan meningkatkan kecepatan website Anda serta mengurangi penggunaan disk space dan bandwidth.

Content Delivery Network memastikan konten terkirim dengan cepat tanpa dipengaruhi jarak antara visitor dengan lokasi server. Jika Anda menggunakan shared hosting atau hosting gratis, CDN adalah salah sau cara mempercepat loading blog sekaligus menghemat penggunaan resource.

Manfaat Penggunaan Content Delivery Network

Berikut adalah manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Content Delivery Network (CDN) pada sebuah website.

  1. Content Delivery Network adalah solusi tepat untuk website yang memiliki banyak visitor.
  2. CDN memastikan sebuah website dapat diakses secara global.
  3. Dengan meminimalisir permintaan ke server hosting, CDN cukup efektif mengurangi penggunaan resource (misalnya disk space dan bandwidth).
  4. Meningkatkan kecepatan loading, terutama jika lokasi visitor dekat dengan server CDN.
  5. Peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Hal ini disebabkan adanya peningkatan kecepatan karena penggunaan CDN.
  6. CDN mendukung semua tipe website dan hosting.

Apa Saja yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah tutorial, pastikan bahwa Anda memiliki akses ke pengaturan DNS domain yang Anda miliki.

Langkah 1: Cara Mempercepat Loading Blog dengan Analisa Website Terlebih Dahulu

Untuk memastikan apakah CDN bekerja dengan baik pada website, Anda dapat menggunakan sebuah tools untuk menganalisa website, misalnya WebPageTest.org.

Ada beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan. Misalnya, menggunakan layanan CDN gratis yang disediakan CloudFlare, atau menggunakan CDN berbayar (informasi lebih jelas tentang CDN berbayar dapat Anda baca di Langkah 2).

Jika saat ini Anda mengelola website Anda termasuk situs yang belum besar dengan pengunjung sedang, menggunakan CDN berbayar bisa jadi bukan pilihan yang tepat, jadi menggunakan CDN gratis sudah cukup. Tapi, jika website yang Anda miliki memiliki trafik dan penggunaan resource server cukup tinggi, CDN berbayar adalah yang kami sarankan.

Langkah 2: Konfigurasi Content Delivery Network Anda

Opsi 1 – Menggunakan CDN CloudFlare Gratis

Untuk menggunakan CDN CloudFlare, Anda memerlukan akses ke domain panel website yang Anda miliki. Petunjuk konfigurasi CloudFlare sendiri bisa Anda lihat pada tautan berikut ini

Setelah segala konfigurasi CloudFlare selesai, silakan tunggu beberapa jam untuk mendapatkan perubahan secara penuh. Selanjutnya, domain Anda sepenuhnya akan menggunakan CDN dari CloudFlare.

Opsi 2 – Menggunakan CDN berbayar

Jika Anda berencana menggunakan layanan CDN berbayar, berikut adalah beberapa layanan yang kami rekomendasikan.

  • MaxCDN and Photon adalah pilihan tepat jika website Anda menggunakan CMS (WordPress, Joomla, Drupal) dengan gambar cukup banyak.
  • RackSpace dan CDN77 adalah layanan CDN berbayar yang cukup efisien untuk website berkonten video dan streaming.
  • jsDeliver adalah penyedia CDN untuk website yang memiliki banyak JavaScript.

Langkah 3: Tes Perubahan

Jika konfigurasi CDN sudah berhasil dilakukan, Anda dapat melakukan analisa pada website. Misalnya, Anda dapat kembali menggunakan WebPageTest guna mengecek apakah semuanya berjalan sesuai dengan yang Anda inginkan. Berikut adalah contoh hasil setelah melakukan konfigurasi pada website.

cara mempercepat loading blog 1

Hasil tes di atas menunjukkan bahwa CDN sudah berhasil terkonfigurasi dengan baik pada website Anda.

Kesimpulan

Melakukan konfigurasi CDN pada sebuah website adalah salah satu cara mempercepat loading blog dan mengurangi penggunaan resource pada waktu waktu yang bersamaan. Anda telah mempelajari apa itu CDN dan bagaimana mendapatkan manfaat dari fitur yang disediakan CDN gratis.

Loading yang lebih cepat dan tersedianya fitur yang lebih baik adalah hal yang ditawarkan oleh CloudFlare supaya website Anda lebih mudah diakses oleh pengunjung. Selain itu, mengaktifkan CDN tidak memerlukan kemampuan coding, sehingga ini adalah solusi tepat bagi pengguna website pemula maupun yang sudah berpengalaman.