Resolusiweb, Jasa Website, 9 TIPS UNTUK MENINGKATKAN TRAFFIC WEBSITE

9 TIPS UNTUK MENINGKATKAN TRAFFIC WEBSITE

APA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN  PERINGKAT WEBSITE? 

Saat ini teknologi google sudah lebih canggih dibanding dengan sebelumnya, dahulu kita masih bisa mengakali algoritma google dengan spam backlink ke website website yg belum tentu ratingnya baik . Namun sekarang hal tersebut tidak bisa lagi dilakukankarena Google lebih mementingkan user experience dan user engagement.  

“Google only loves you when everyone else loves you first.”  — Wendy Piersall 

Jadi mulai sekarang, jangan coba coba untuk mengakali google dengan teknik murahan seperti itu, karena bukannya website anda akan memiliki rating bagus melainkan akan website anda akan di “ban” oleh google. Lalu apa yang dapat kita lakukan? Berikut akan saya jelaskan cara untuk meningkatkan peringkat website:

1. Berikan Jawaban yang sesuai dengan konten yang Anda buat

Kebanyakan orang mencari informasi di internet adalah karena mereka butuh jawaban untuk mengatasi permasalahan yang mereka hadapi. Maka, manfaatkanlah peluang ini, anda bisa menyediakan konten berupa solusi-solusi dari berbagaimacam permasalahan yang ada didunia ini. Anda bisa memilih konten yang sesuai dengan bisnis anda. Pilihlah konten yang belum banyak orang tulis dan sulit untuk dijawab, berikan konten positif dan arahan yang mudah dipengerti oleh masyarakat dunia maya. Dengan begitu akan ada banyak yang mengunjungi situs anda.

 

Berikut tips tips yang dapat anda lakukan, diantaranya:

  1.  Anda dapat mencoba meningkatkan Konten yang Sesuai  dengan Target Pasar 
  2. Gunakan katakata yang natural, tambahkan jumlah kata dengan istilah istilah yang sesuai topik 
  3. Tambahkan media seperti gambar atau video 
  4. Menggunakan kata kunci yang saling berkaitan merupakan salah satu tips utama SEO untuk meningkatkan peringkat website Anda 

HINDARI 

  1. IKLAN di konten bisa menurunkan peringkat website Anda.
  2. Tautan iklan (termasuk Adsense) dapat membuat peringkat website Anda turun sampai ke posisi 30 lebih.
  3. Memenuhi sebuah halaman dengan mengulang-ulang kata kunci akan menurunkan peringkat website Anda!
  4. Kembangkan kata kunci dengan menggunakan sinonim maupun kata-kata yang berkaitan.
  5. Buatlah konten yang relevan dan menyatu antar elemenelemen dalam konten tersebut 

  

2. Menggunakan Bahasa yang natural.

Anda tidak bisa menulis artikel dengan gaya bahasa yang seampangan.

“Bangun website untuk pengguna internet bukan untuk spider” — Dave Naylor 

Dulu mungkin anda bisa buat artikel seo dengan asal asalan yang isinya hanya berupa kata kunci saja, tidak terstruktur dan tidak beraturan tata bahasanya.  Tapi sekarang itu sangatlah tidak mungkin, karena teknologi google sudah bisa memilah mana artikel yang baik untuk pengguna dan mana yang tidak.

Maka, mulai dari sekarang coba perhatikanlah artikel anda, gunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti oleh pembaca. Hal tersebut juga akan berdampak positif karena para pembaca akan merasa nyaman jika konten artikel anda enak dibaca.

 

Baca Juga: Mengetahui Konversi pada Google Adwords untuk Meningkatkan Penjualan

 

3. Segmentasi Halaman 

Hindari penggunaan footer dan sidebar untuk konten yang penting. Jangan sekali-kali menggunakan trik untuk mengakali mesin pencari dengan trik CSS atau JavaScript. Tempatkan konten-konten yang penting pada tempat yang paling mudah dilihat pembaca. 

Mengapa segmentasi halaman penting? 

Karena dimana Anda akan meletakkan kata-kata pada sebuah halaman adalah sama pentingnya dengan penggunaan kata tersebut.  

Setiap halaman website memiliki bagian-bagian yang berbeda: header, footer, sidebar, dan lain-lain. Sudah sejak lama, mesin pencari menentukan bahwa bagian terpenting dari sebuah website berada di bagian main body.  

Konten yang diletakkan pada bagian main body (tengah) akan dianggap oleh Google sebagai konten utama (yang penting) sedangkan teks yang ada pada tempat lain adalah pendukung. Jadi pastikan bahwa Anda meletakkan konten utama Anda pada main body.  

 

4. Perhatikan Struktur Konten Anda 

Jangan abaikan struktur konten Anda. Atur header, paragraf, daftar, dan tabel dengan stuktur yang baik sehingga mesin pencari bisa mengerti apa sebenarnya target topik Anda. Sebuah website profesional memiliki struktur yang baik meliputi judul topik, bagian pendahuluan, dan kesimpulan yang dibuat dengan susunan paragraf dan tata letak yang baik. 

Selain struktur konten, Anda juga harus memperhatikan struktur website secara keseluruhan seperti tips dibawah ini:

  • Jumlah tautan internal harus seimbang.
  • Maksimalkan kecepatan loading website
  • Kelola website agar tetap up to date
  • Optimalkan teks Meta Title dan Meta Description
  • Jangan hanya fokus pada hal teknis website Anda. Back link dan kecepatan website anda akan sia sia jika konten anda tidak relevan. 
  • Volume pencarian rata-rata didapat dari pencarian nama domain 
  • Kokohkan sebuah nama / merk. Gunakan nama domain atau URL yang unik dan spesifik untuk website Anda 

 

5. Riset Kata Kunci  

Hal yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan untuk meningkatkan SEO adalah dengan melakukan riset kata kunci.  Meskipun kata kunci sebenarnya tidak cukup kuat untuk membangun pondasi konten Anda, semua hal yang berkaitan dengan Search Engine Optimisation (SEO) dimulai dari riset kata kunci yang baik.  

Anda dapat mengetahui kata kunci yang dijadikan target, seberapa poluler kata kunci dan seberapa sulit persaingan pada kata kunci tersebut dengan menggunakan Google Keyword Planner.

 

6. Lakukan Riset Kata Kunci yang Terkait dengan Topik / Tema Konten

Hindari melakukan riset hanya dengan menggunakan satu kata kunci saja. Lakukan riset kata kunci dengan menggunakan kata-kata yang terkait dengan topik dan tema dari target kata kunci pilihan Anda. Dalam riset tersebut, gunakan juga kata kunci sekunder yang terkait dengan kata kunci pilihan Anda. 

Bagaimana cara mengetahui kata kunci sekunder yang bisa Anda pakai? 

Perhatikan kata-kata apa saja yang orang-orang gunakan ketika membicarakan tentang topik Anda? Selain kata-kata, frasa dan ungkapan apa saja yang mereka gunakan? Ada baiknya juga Anda menggunakan sinonim dari kata kunci target Anda untuk memperkaya konten Anda. 

Dengan lebih dari 6 juta pencarian setiap hari, Google memiliki banyak sekali informasi yang membutuhkan analisa tentang apa yang sebenarnya dicari. Menurut riset Google, sinonim memiliki efektivitas 70% dalam pencarian. 

Untuk mengatasi masalah ini, mesin pencari menggunakan sinonim dan variasi kata untuk jutaan frasa untuk memudahkan mesin pencari menemukan situs Anda meskipun pengguna internet menggunakan kata yang berbeda. Sebagai contoh, jika kata kunci Anda adalah baju anak maka Anda bisa menggunakan variasi berikut ini: 

  • baju anak-anak
  • baju balita
  • pakaian anak
  • pakaian anak-anak 

Contoh perbedaan menggunakan strict keyword (satu kata kunci yang sama) dengan menggunakan kata kunci variasi: 

 

7. Jarak Semantik dan Hubungan Antar Istilah 

Dari sisi SEO, penggunaan variasi dan bahasa yang natural dalam konten lebih baik daripada mengulang-ulang kata kunci yang sama berkali-kali. 

Berbicara tentang optimasi halaman, jarak semantik berkaitan dengan hubungan antara kata-kata dan frasa yang berbeda pada konten. Perbedaan ini termasuk jarak antar frasa, dan fokus pada bagaimana hubungan antar istilah di antara kalimat dalam paragraf maupun dalam elemen HTML lainnya. Contoh: Letakkan kata piyama dan baju anak di kalimat yang sama agar mesin pencari bisa mengerti bahwa kedua frasa ini saling terkait. 

Perhitungan Jarak Semantik: 

Beberapa mesin pencari mengatasinya dengan mengukur jarak antar kata-kata dan frasa yang berbeda di antara elemen-elemen HTML yang berbeda. Semakin dekat 

Istilah dalam judul dan headers  memiliki jarak semantik yang sama dengan istilah-istilah lain yang berada pada artikel ini. Istilah yang diletakkan pada sebuah paragraf yang sama memiliki hubungan yang lebih dekat daripada istilahistilah yang terpisahkan oleh paragraf lain. 

Hal-hal yang tertulis dalam bentuk daftar/list dapat dianggap memiliki jarak yang sama antar poin. 

Jarak Semantik dan Hubungan Antar Istilah Mesin Pencari (seach engine) bisa menentukan hubungan antar kata dan frasa dengan mengukur hubungan mereka dalam sebuah konten. Semakin dekat hubungan semantiknya, semakin besar kemungkinan kata-kata dan frasa-frasa tersebut saling terkait. 

konsepnya secara semantik, maka semakin dekat konsep tersebut terkait. Frasafrasa yang diletakkan dalam paragraf yang sama memiliki hubungan semantik yang lebih dekat dibandingkan dengan frasa-frasa yang diletakkan terpisah oleh paragrafparagraf lain. 

Selain itu, elemen-elemen HTML bisa juga memperpendek jarak antar konsep, dan membuatnya lebih dekat. Sebagai contoh, kata-kata yang dibuat dalam bentuk daftar atau list dianggap memiliki jarak yang sama antar kata, dan judul sebuah dokumen dianggap dekat pada semua istilah yang ada dalam dokumen tersebut. 

Mungkin ini saat yang tepat untuk Anda tahu mengenai Schema.org, karena Schema memberikan kemudahan untuk mengetahui struktur semantik teks Anda untuk memberikan definisi hubungan antar istilah. 

Dengan menggunakan schema, hubungan antar istilah bisa dilihat dengan jelas dan bisa diaplikasikan pada halaman apapun yang mengandung teks. Gunakan schema untuk membantu Anda dalam menyusun konten Anda. 

8. Manfaatkan Backlink 

“Ada tiga elemen yang efektif untuk SEO, yaitu: komunikatif, informasi yang berguna, dan backlink yang berkualitas” — SEO Refugee 

9. Gunakan Media Sosial 

Gunakan media sosial untuk membantu SEO Anda. Dengan menggunakan media sosial. Selain anda dapat menjangkau pelanggan anda secara langsung, anda juga dapat melakukan share artikel ke media social anda sehingga akan meningkatkan back link menuju website anda.

Itulah 9 tips yang dapat meningkatkan traffic website anda. Semoga Sukses!