- Advertisement -
ArtikelIni Warisan Sir William Henry Perkin Sang Penemu Pewarna Sintetis

Ini Warisan Sir William Henry Perkin Sang Penemu Pewarna Sintetis

Pada tanggal 13 Maret 2018, Google telah  merayakan ulang tahun dari seorang ahli kimia asal Inggris yaitu Sir William Henry Perkin. Google melihat bahwa tokoh ini layak dikenang karena penemuannya atas zat pewarna sintetis ungu dari bahan anilin sehingga Google membuat doodle untuk mengingat jasanya.

William sudah banyak mendapatkan berbagai macam penghargaan, mulai dari Royal Medal (1879), Davy Medal (1889), Albert Medal (1890), dan Perkin Medal (1906). Pencapaiannya ini tentu salah satunya adalah berkat dukungan dari keluarganya.

Namun, tahukah Anda, ternyata Perkin bukanlah satu-satunya ahli kimia di keluarganya. Bakatnya ini ternyata diwariskan kepada anak-anaknya.

Seperti dikutip Chemistryworld.com, setelah penemuan pewarna anilin ungunya semakin dikenal dan banyak digunakan, Sir William Henry Perkin menikah pada tahun 1859. Perkin menikahi Jemima Lisset dan dikaruniai dua anak laki-laki. Anak-anaknya ini kemudian diberi nama William Henry Perkin Jr dan Arthur George Perkin.

Namun, pada tahun 1862 Jemima meninggal karena penyakit tuberkulosis. William Perkin pun memutuskan untuk menikah lagi pada tahun 1866. Pernikahan keduanya ini dikaruniai seorang putra bernama Frederick Mollwo, dan empat orang putri, yakni Helen, Mary, Lucie, dan Annie.

 

 

Menurunkan Bakatnya

Ketiga anak laki-laki Sir William Henry Perkin ini ternyata mewarisi bakatnya. Mereka berhasil menjadi ahli kimia yang hebat.

Anak laki-laki termudanya, Frederick, menjadi ketua departemen kimia di Borough Polytechnic Institute pada tahun 1897. Ia kemudian mengambil alih laboratorium pribadi milik ayahnya pada tahun 1909 dan membuka beberapa laboratorium di London dan Bradford.

Frederick Mollwo menangani elektrokimia organik dan menggagas produksi batubara dan bahan bakar minyak gambut. Frederick juga dihormati karena menerbitkan penelitian dan buku teks tentang kimia organik dan anorganik.

Sementara itu, anak tengahnya, Arthur, menjadi seorang pengelola sebuah perusahaan pewarnaan. Ia kemudian ditunjuk sebagai profesor pencelupan dan pewarnaan kimia di University of Leeds pada tahun 1916.

Arthur Perkin terpilih menjadi anggota Royal Society Edinburgh pada tahun 1903. Ia pun mendapatkan penghargaan Davy Medal dari Royal Society tersebut pada tahun 1924.

 

Source : Chemistryworld.com

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Eksklusif Konten

- Advertisement -

Artikel Terbaru

More article

- Advertisement -